Rabu, 23 Mei 2018

13 REASONS WHY?


Ada yang ga tau ini serial apa? Ada yang ga tau ini tayang nya dimana? Apa jangan-jangan ada yang ga tau NETFLIX itu apa? eh jangan salah... BUANYAK!!
Mending kalian next aja ni post ato skip. Karena ga bakalan nyambung dan efek drama dari apa yang gua tulis bakalan keluar dari lubang dubur lo yang ketinggalan jaman itu KWKKWKWKWKWKWK

13 Reasons Why season 1 pertama kali mengudara hanya di Netflix langsung rilis 13 episode tanggal 31 maret 2017. Cukup booming saat itu karena katanya sih (waktu itu gua belom nonton dan belom langganan NETFLIX, tapi tau apa itu NETFLIX) menampilkan adegan bunuh diri yang realistis dan bikin semua orang bergidik. Biasanya kan adegan bunuh diri di film-film kan ada yang di sensor, ada yang ga masuk akal, ada yang lebay macem-macem. Kalo yang ini beda, saat Hannah Nyeset (jiaaa Nyeset) urat nadi nya, itu kayak lo ngerasain perih di urat nadi lo sendiri. INI YANG GUA RASAIN!

Sama kayak lo nonton film adegan biji pelir si penjahat di tendang, pasti semua cowo ngerasa ngilu di biji nya. Mungkin bentuk support tak kasat mata atau semacam telepati identik anatar biji ciptaan tuhan ini.

Dan memang bener! setelah gua nonton gua jadi ngerasa ini adegan paling real yang pernah gua tonton, kenapa? karena;


  1. Akting Katherine Langford sebagai Hannah yang Pas banget bikin kita ngerasa iba sama si Hannah ini. Iba dari mulai gimana temen-temen nya ga ada yang perduli, ngehina dia, nge bully dia sampe merkosa dia. 
  2. teknik penceritaan nya yang tiap episode tentang 1 side tape 1 orang bikin kita paham kenapa hannah pengen bunuh diri.
Di awal serial emang belum kuat sih kenapa si Hannah ini pake bunuh diri segala. Lo juga gitu kan pasti? ngapain ni orang bunuh diri! Cakep-cakep ok buodddoh....
Tapi setelah lo nonton sampe kelar, lo bakal bilang "iya juga ya dia bunuh diri...."

NAHHH!!!!!!!!!

Kata-kata kayak gitu tuh yang ga bisa di pahamin sama orang yang mutusin buat bunuh diri. Otak kita sama otak mereka ga sama dan memang udah beda pemahaman. Jadi jangan sotoy kalo ketemu orang trus lo ngerasa dia mau bunuh diri nih, trus lo nasehatin-nasehatin pake ayat-ayat agama "jangannn parjo, bunuh diri itu ga baik. mending mendekatkan diri pada Allah Parjo ingat orang tua mu" KAGAK BAKAL PAHAM MAH MEREKA! Toh juga.... alesan pelaku Bom bunuh diri juga karena pengen deket sama tuhannya.

Menurut gua orang yang mau bunuh diri yang tau cuman dia sama tuhan. sama kayak sini Hannah. Ibu nya ga tau, temen-temen nya ga tau, guru nya pun ga tau. Orang yang bunuh diri juga bukan tipe orang yang kehilangan kesadaran nya. Mereka sadar kok. Hannah sadar kalo Hannah udah ga berarti di lingkungannya. Tapi Hannah masih nyari pertolongan kemana-mana, pertama lewat puisi tersirat nya sampe yang terakhir dia minta tolong guru BP nya si Kevin Porter buat nolongin dia.

Maka dari itu, orang yang mau bunuh diri yang bisa nolongin dia cuman dia sendiri. Tanda-tanda kalo dia pengen mengakhiri hidupnya terlalu samar bro! Hannah sampe di detik dia nyeset nadi nya ga pernah self abuse macem make narkoba ampe OD dsb. Dia rencanain ini mateng-mateng. 

Dia ngerekam 1 per 1 orang-orang yang terlibat di hidup nya dia sebagai alesan orang itu adalah orang yang harus bertanggung jawab atas keputusan dia untuk bunuh diri. Dimulai dari prolog berujung "WELCOME TO YOUR TAPE"



=======================================================================

Saking serius nya masalah bunuh diri akhir-akhir ini (terutama di USA) serial ini bikin wadah buat nampung orang-orang yang punya keinginan buat bunuh diri. Tampilannya sih kayak gini

Mungkin supaya orang-orang yang punya pengalaman sama kayak Hannah bisa cerita di tempat yang bener apa yang melatar belakangi niat mereka. Bagus juga sih... coba disini, ga ada kepikiran kayaknya

Di sini cuman di ajarin harus dekat dengan tuhan.. Ya itu harus tapi bukan itu masalah nya. Bukan soal rajin ibadah mereka ga jadi bunuh diri. Tapi LINGKUNGAN! (Ini merujuk sama serial ini ya, sebenernya banyak banget faktor nya). Lingkungan yang bikin Hannah jadi bunuh diri. Lingkungan yang kalo di persempit makna nya, ya temen-temen di sekolah nya itu!

Gua jabarin satu-satu mulai dari Episode 1 sampe ke 13. SPOILER NEH!
  1. Justin Foley. anak Basket dah pokoknya. idola. tapi punya background idup yang pait abis. Ini awalmula Hannah di jadiin mainan sama geng-geng nya Bryce. Gara-gara si Justin sama Hannah main perosotan, pas Hannah turun rok nya ke singkap gitu trus di foto. di jadiin mainan sama si geng nya bryce. Bego nya si Justin ngapain coba nunjukin ke temen-temen nya?
  2. Alex Standall. Gara-gara dia bikin The worst and the best list jadi panjang urusannya. Singkat cerita Alex sama Jessica (nanti ada di bawah) bareng Hannah sahabatan karena si mereka bertiga anak baru gitu deh. Sampe si Alex nemu temen-temen laki (geng nya Bryce) dan si Jessica akhirnya pacaran diem diem sama Alex. Eh putus si Hannah disalahin sama Jessica (emang anjink ye Jessica). Akhirnya Hannah ga punya temen.
  3. Jessica Davis. Ini masih nyambung sama Tape nya Alex karena mereka pacaran berdua diem-diem dan sampe putus trus yang di salahin Hannah gara-gara Alex bikin list pantat nya Hannah mantep, pantat nya Jessica jelek. wow. (kalo yang udah nonton season 2, jadi tau kenapa Jessica bakalan jadi next Hannah dia selemah Hannah)
  4. Tyler Down. Fotografer sekolah (kalo di Indonesia dia ini pasti nak mading) yang selalu foto-fotoin Hannah buat di koleksi. Dia emang suka sama Hannah.
  5. Courtney Crimsen. Courtney ini lesbian jahat yang mau untung nya aja. Dia main kerumah Hannah main truth or dare gitu lah. trus karena insting lesbi nya, si Courtney ini nyosor si Hannah. Hannah anggep itu cuman main-main aja. sampe di mana foto dia ciuman kefoto sama si Tyler dan nyebar seantero sekolah, dia ga ngaku kalo di foto itu dia, cuman bilang kalo itu Hannah. see? Bangsat kan?
  6. Marcus Cooley. Ini bangsat kedua setelah Justin Foley. Macem mau nunjukin "neh gua bisa naklukin Hannah!" ke temen-temen nya. awalnya dia ngajak kencan Hannah baik-baik lewat semacam event Valentine gitu. sampe mereka ketemu di cafe Marcus mulai nge gerayangin Hannah lewat bawah. Hannah marah. Marcus lebih marah lagi akhirnya Hannah di tinggal gitu aja sama Marcus dan temen-temen nya. BUANGSATTT!!!!!!!!!!
  7. Zach Dempsey. Sebenernya doi baik bro. Banyak yg bakalan keungkap di season ke 2. Cuman fokus di season 1, perlakuan Zach ke Hannah ini kayak kucing-kucingan cinta cintaan. Disaat Hannah nyesel ga ngeladenin si Zach, Zach acuh ga acuh bahkan pas nulis surat penyesalan tanpa nama di kelas. Ya ga bangsat si, cuman bego aja cewek secuakep Hannah di anggurin. (eitsss )
  8. Ryan Shaver. Gara-gara dia yang kepinteran nge publish puisi Hannah yang sebenernya cuman curhatan Hannah, malah bikin Hannah jadi di olok-olok satu sekolahan lagi. See? kadang perbuatan kita yang ga kita maksud buat nyakitin malah nyakitin. Makanya jadi orang jadi sakarpmu waeeee djancuokkkk!
  9. Sherry Holland. Gara-gara ketakutan nya dia, akhirnya bikin Hannah ngerasa bersalah kalo Jeff Atkins kecelakaan gara-gara Hannah cuman diem disitu dengan kondisi batere mati buat ngelaporin kejadian kalo ada rambu yang ilang. Ribet dah gue jelasinnya, nonton aja sendiri. Intinya satu kesalahan sherry bikin Hannah ngerasa bersalah sampe bikin Jeff mati
  10. Clay Jensen. Sebenernya dia ga salah bro. Yaiyalah cowo cupu gini. Cuman sengaja dimasukin karena si Hannah kayaknya suka cuman masih malu.
  11. Justin Foley lagi. YAAAAAAAAAAA ini adalah episode klimaks nan pamungkas bagi gua. kenapa? karena disinilah letak fuckin spoilernya. Justin di anggep ga bisa ngelindungin Jessica pas party itu. Jessica di perkosa gitu sama Bryce. Yang ngeliat langsung Hannah karena Hannah ga sempet keluar kamar.
  12. Bryce Walker. Ini biang keroknya. Gara-gara Hannah diperkosa sama dia di HOT TUB, Hannah akhirnya memutuskan untuk bunuh diri. Mulai dari sini Hannah ngerasa kayak udah 'mati'

    "Hannah yang secakep gini ga tega ngeliat dia diperkosa"
  13. Mr. Porter. Final nya gara-gara dia ngasih jawaban yg ga asik buat Hannah yang pengen cari alesan buat batalin bunuh diri nya, Hannah jadi bunuh diri. Sebenernya Mr Porter udah ngedengerin semua curhatan Hannah, tapi kurang buat Hannah ngambil intisari nya kalo masih ada orang yg sayang sama Hannah. Di season kedua Mr Porter nyesel setengah mati kalo tau Hannah bunuh diri abis curhat sama dia. Dia bisa ngelakuin lebih dari yang dia udah lakuin dengan sekedar ngedengerin Curhatan dan ngasih saran yang dangkal.

Dan setelah itu akhirnya Hannah bunuh diri bikin semua yang terlibat sama Hannah jadi nyesel. Mereka ngerasa bisa ngelakuin sesuatu yang bikin Hannah jadi ga bunuh diri, tapi Hannah udah kadung bunuh diri dan ninggalin misteri berutap tape yang isinya curhatan dia bikin yang denger jadi nyesel dan ngelempar ke yang lain supaya nyari kambing hitam.

Intinya broooo! orang kayak Hannah tuh banyak, ga bisa ditebak dan ga secara tiba-tiba orang kayuak Hannah mutusin bunuh diri. Ada rentetan peristiwa yang bikin seseorang itu sakkit hati sampe dimana dia sendiri capek ngadepin dunia ini dan ga tau musti ngadu kemana yang bikin dia nyaman. Orang tua nya pun dia ga ceritain. Padahal hubungan hannah sama orang tua nya itu aman-aman aja tuh.

Kalo lo punya temen kayak Hannah yang reckless gini, mending jangan lo =kasih ayat-ayat deh, tapi lo temenin dia layaknya temen biasa. Kalo dia cerita, dia pasti bakalan cerita pada akhirnya. Disitu lah peran lo buat nyelametin nyawa seseorang ketimbang dia bunuh diri sia sia...

Tidak ada komentar:

Catatan si bon 10 Juli 2021

Kalo kata pepatah, "run allow me to set my mind free" itu bener. Semenjak rutin lari minimal 10km, pikiran saya bebas dari pikiran...